[Resume] Perilaku Produsen

Pada makalah yang teman saya buat ini bertemakan perilaku produsen. Peran produsen sangat penting dalam siklus perekonomian. Kesuksesan suatu produsen bergantung dari bagaimana mereka memasarkan produknya yang mana pasti untuk mencapai laba yang paling maksimal. Beberapa contoh cara untuk mencapai laba yang maksimal yaitu ke-efisiensian dari tahap awal pembuatan samapi pemasaran produk, menganalisa pasar, dan lain-lain.

Teori produksi
1.       Produksi jangka pendek : bila sebagian faktor produksi jumlahnya tetap dan yang lainnya berubah
2.       Produksi jangka panjang : bila semua faktor produksi dapat berubah dan ditambah sesuai kebutuhan.
Dalama melakukan proses produksi produsen akan selalu berusaha mencapai laba maksimum dan beroperasi dalam pasar persaingan sempurna.
Pada teori ekonomi didasarkan pada hukum yang disebut : The Law of Diminishing Returns (hukum kenaikan hasil berkurang). Hukum ini menyatakan bahwa apabila penggunaan satu macam input ditambah sedang menginput yang lain tetap maka tambahan ouput yang dihasilkan dari setiaptambahan satu unit input yang ditambahkan tadi mula-mulai naik, tetapi kemudian seterusnya menurun jika input tersebut terus ditambahkan.

Sebagai produsen yang baik dalam mencari keuntungan maksimum untuk perusahaan mereka harus tetap dalam jalurnya, maksudnya mereka tidak boleh bertindak curang dalam memproduksi dan  memasarkan barang produksinya. Karena seperti kita tahu, banyak produsen-produsen nakal yang mengelabuhi para konsumen dengan meng-substitusi komponen-komponen dalam bahan produksinya dengan sesuatu yang tidak seharusnya. Suatu produsen juga seharusnya membuat siklus produk dengan mengamati keadaan pasar dari waktu demi waktu dan menyusun strategi pasar untuk perusahaan mereka. Dalam persaingan pasar sempurna produsen harus bisa mencari berbagai cara agar konsumen tidak pindah ke lain hati (red: ke produsen lain) dengan berbagai inovasi yang dapat membuat konsumen penasaran dengan hal-hal baru yang ditawarkan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar