[Resume] Penentuan Harga, Permintaan dan Penawaran

I. PENENTUAN HARGA

Definisi Harga 
  • Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
  • Harga merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa
  • Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan akan menurun namun jika harga terlalu rendah akan mengurangikeuntungan yang dapat diperoleh organisasi Perusahaan
Tujuan Penentuan Harga
  1. Mendapatkan keuntungan sebesar besarnya
  2. Mempertahankan perusahaan.
  3. Menggapai ROI (Return on Investment).
  4. Menguasai Pangsa Pasar
  5. Mempertahankan status quo
Pendekatan Dalam Penentuan Harga :
  1. Pendekatan Supply dan Demand
  2. Pendekatan Yang Berorientasi Pada Biaya
  3. Pendekatan Pasar 
 Strategi Penentuan Harga Yang Bisa Digunakan
  1. Skimming pricing; penentuan harga tinggi saat produk pertama memasuki pasar.
  2. Penetraling pricing; penentuan harga rendah untuk menembus pasar dan mendapatkan pangsa pasar baru.
  3. Odd pricing: penentuan harga dengan mengurangi sedikit dari jumlah tertentu (misal: Rp 9.995)
  4. Follow the leader pricing: penentuan harga didasarkan pada harga yang ditentukan pemimpin pasar.
  5. Price Lining: penentuan harga yang berbeda unutk tiap model produk yang berbeda dan jenis produk tertentu.
  6. Relative Pricing: penentuan harga yang bisa jadi lebih besar, sama, atau lebih kecil dari pesaing.
  7. Psychological pricing: hampir sama Ood Pricing
  8. Multiple unit pricing: penentuan harga lebih murah jika membeli dalam jumlah tertentu
  9. Leader Pricing : Menjual barang yang menarik di bawah harga pasar
  10. Price discount: pengurangan dari harga yang telah ditetapkan.
II. PERMINTAAN
Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.
 
Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut
  3. Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
  4. Selera dan prilaku seseorang atau masyarakat
  5. Jumlah penduduk.
Macam-Macam Permintaan
  1. Permintaan Menurut Daya Beli. Berdasarkan daya belinya, permintaan dibagi menjadi tiga macam, yaitu permintaan efektif, permintaan potensial, dan permintaan absolut.
  2. Permintaan Menurut Jumlah Subjek Pendukungnya. Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaan individu dan permintaan kolektif.
III. PENAWARAN

Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi.

Hukum Penawaran
Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual dan sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang-barang lain (barang-barang substitusi)
3. Biaya produksi
4. Tujuan-tujuan perusahaan
5. Tingkat teknologi yang digunakan 

Macam-Macam Penawaran
Apabila ditinjau dari jumlah barang yang ditawarkan, penawaran dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu penawaran perorangan dan penawaran kolektif.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar