Baju second, why not? Poncol tempatnya.

Heeeiii, kali ini aku mau ngebahas tentang fashion yihaaaaa..
Sejak kecil, kira-kira SMP mungkin lah ya, agak lupa aku udah dikenalin sama papa ku Pasar Senen. Disana banyak barang-barang murah, dari jam tangan, mainan anak-anak, penjahit-penjahit baju gitu, sampai barang-barang second. Nah kali ini aku mau cerita-cerita dikit tentang baju second yang ada di Pasar senen, biasa disebut sih Poncol. Aku mau mulai deskripsiin kondisi tempatnya. Di Poncol ngga hanya ada baju aja, tapi ada sepatu, tas, bahkan sampai mesin jahit hihihi. Tapi aku bahas baju second aja yaa. Dulu tempat nya dibawah, sekarang sudah jadi tempat parkiran. Dulu tempatnya ngga nyaman, dibawah terpal, panas, sumpek. Syukur lah sekarang mungkin karena peminat baju second sudah banyak, mereka pindah tempat ke dalam bagian gedung, diatas, ada ekskalator nya loh, cuma ya mati, udah rusak hehehe. Dibagian dalam gedung tersebut pasti heboh, abang-abang nya pada teriak-teriak nawarin barang nya. belum lagi biasanya mereka saut-sautan ke penjual yang lainnya, jadi lucu deh. Tempat nya tuh luas, kalau datang sendirian mungkin agak 'serem' tapi sih sebenernya ngga juga, asal dateng nya pas hari lagi rame, pas hari libur. Sekarang baju second ngga asing lagi deh buat kalangan remaja, udah ngga pada gengsi buat pake baju second, malahan mereka datang ke Poncol (khususnya buat daerah Jakarta, aku ngga tau selain tempat ini) serombongan loh. Rame-rame ngubek-ngubek tuh baju dari satu abang ke abang lainnya. Seru deh pokoknya, karena yang dijual tuh barang-barang branded asli, lumayan kan kalau kita dapat barang dengan brand keren dalam kondisi yang masih bagus dan tentunya dengan harga miring. Biasanya kalau anak SMA yang udah pada mau lulus, pada kesana buat nyari kostum untuk foto buku tahunan, pasti kan mereka punya tema sendiri buat sesi foto-foto nya. Mulai dari cari jas, sampai cari dress-dress ala tahun 80-an. Dulu kalau ABG-ABG datang kesana, mereka pakai baju sok-sok kumel, sok-sok miskin deh pokoknya, maksudnya biar dapet murah baju nya hahaha. Ini ada cerita sedikit dari temanku.

Ket:
Abang penjual: (AP)
Gadis pembeli (GP)

GP mendatangi suatu baju yang dia taksir, lalu menawar harga. Karena nawarnya afgan (sadis-red.) si abang pun berkata.
AP: Yaelah neng, saya tau kali neng duit nya banyak, ngga usah dandan sok miskin gtu neng.
GP: -____- (terdiam)

nb: Dengan perubahan sedikit dr cerita aslinya.

Terakhir aku kesana aku lihat 3 orang gadis remaja gitu ber-behel lagi sibuk nawar, nah itu membuktikan yang datang dari kalangan mana aja dong, udah ngga pake gengsi deh sekarang kalau mau tampil gaya. Untuk range harga baju second disana sekitar Rp. 1000,00 - Rp. 300.000. Gokil kan? masa baju seribu hahaha. Kalau tas dan sepatu harganya lebih mahal, karena barang nya memang rata-rata original. Ya pokoknya harga tergantung brand dan kondisi barangnya.

Ini ada sedikit tips kalau mau belanja kesana:
  1. Jangan pakai perhiasan berlebihan, soalnya dulu banyak copet, seperti nya sih sekarang sudah berkurang. 
  2. Pakai baju yang sopan (emang nya mau ada acara apa? loh?) dan sederhana, maksudnya jangan mancing-mancing mas-mas buat ngegodain, yang ini khusus wanita. Kalau sederhana ya supaya pas nawar dapet harga murah.
  3. Jangan datang sendirian, datang lah minimal berdua. Untuk menghindari tindak kriminal aja.
Tips untuk memilih barang second:
  1. Jangan tergiur harga murah, karena kalau di Poncol, baju yang ditebar di bawah gitu aja, dijual biasanya Rp. 5000,- dapet 3 baju itu suka banyak minus nya. 
  2. Cek tiap barang yang pingin kamu beli secara detail, kalau kemeja atau kardigan, hitung kancingnya, lengkap atau tidak. Terkadang beberapa pedagang nyediain kancing gratis buat kemeja yang kancingnya hilang. Tapi tentunya itu untuk baju-baju dengan harga tertentu.
  3. Kalau kamu beli tas kulit, cek resleting, tali tas, dan kulit nya terutama, biasanya si abang bakalan ngebersihin si tas kalau kita liat ada yang lecet. Mereka punya lotion khusus gitu untuk tas kulit.
  4. TAWAR, ini penting. Pertama tawar setengah harga dari harga yang mereka kasih ke kita. Terutama buat tas dan sepatu.
  5. Suka ada noda di baju, ini suka ngga terlihat saat di Poncol. Untuk toko-toko tertentu kurang pencahayaan, jadinya itu noda-noda suka ngga terlihat. Pinter ya penjualnya, trik bisnis hihihi.
Aku dapat gambarnya nih hasil dari googling

 sumber: detik

Oke sekian dulu deh, semoga bermanfaat ya readers..

    Share this:

    ABOUT THE AUTHOR

    Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

    0 comments:

    Posting Komentar