Ketika Kelereng Menghilang

Tulisan ini terinspirasi setelah membaca Hot Thread Kaskus. Susah ternyata untuk nulis kalau memang lagi ngga ada ide sama sekali, untung ngubek-ngubek kaskus, jadi nemu ide deh. Oke mari kita bahas tentang permainan tradisional Indonesia yang sudah semakin menghilang digerus zaman.

Setiap hari aku ngeliat adek ku pulang sekolah, lempar sepatu, lempar seragam, langsung memencet tombol power pada PC, lalu duduk di kursi empuknya, dan segera menikmati indahnya game online. 
Yaa begitulah kegiatan anak zaman sekarang, ketika dulu semua permainan terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan sekarang semua terdiri dari sekumpulan rangkaian-rangkain elektronik yang saling bersatu-padu memperlihatkan warna-warna nya. 

Mulai flashback yuk. Dulu kalau anak perempuan sendirian dirumah paling main boneka barbie (dulu aku begitu hihi), kalau punya tetangga yang umurnya sepantaran ya diajak main congklak, main karet, bekel. Kalau anak laki-laki, main gundu (kelereng), gasing, layangan, dll. Nah kalau mainannya lagi bareng-bareng ya main galasin, petak umpet, dsb. Tapi sekarang semua berbeda, mainan-mainan seperti itu hilang sedikit demi sedikit akibat perubahan zaman. Yang paling terlihat ya pada anak laki-laki, sekarang semua mainan elektronik, seperti PSP, nitendo wii, xbox, game online. Mungkin yang anak perempuannya sibuk online facebook kali ya hehehe. Agak sedih sebenernya semua itu sudah jarang sekali terlihat oleh kita, padahal semua permainan itu melatih kita untuk bermain adil, tidak curang,bekerja sama, lebih dekat dengan alam dan efeknya pasti bagus untuk masalah sosialisasi si anak. Kalau dibandingkan dengan game online, yang mungkin lebih terlihat individualistis, main sendirian, efek nya pasti berkebalikan dengan mainan tradisional, sulit untuk bersosialisasi. 

Suka kangen ngga sih dengan semua mainan tradisional yang suka kita mainkan dulu? Aku sih kangen banget, sayang banget rasanya kalau anak-anak kecil zaman sekarang ngga sempet merasakan semua mainan tradisonal itu. Aku aja sampai sekarang masih suka kesel karena aku ngga bisa main karet sama bekel (curhat), hal itu di karenakan dulu ditinggal dirumah, ngga keluar-keluar rumah, jadi ngga punya temen rumah deh huhuhu. Untuk itu sebelum mainan-mainan kesayangan kita benar-benar hilang, sebaiknya pada tahap sekolah dasar guru-guru berperan disini, mata pelajaran PLKJ (lupa kepanjangannya apa, kalau pada tahun aku SD itu isi nya tentang mainan-mainan tradisional Indonesia, tari-tarian, pokoknya Indonesia banget deh) jangan samapi hilang, nah kalau bisa biar langsung praktek nih, guru-guru ikut aja mainin mainan-mainan itu bareng anak murid nya, kan seru tuh hihihi, agak ekstrem ya ide nya, kalau anak sd dikasih main kan bisa pada ngga bisa diem ya hahaha. Orang tua juga turut berperan penting, belikan saja mainan-mainan tradisional  tanpa mereka minta, toh harganya tidak semahal mainan elektronik, nah dari situ ajarkan cara main nya, dengan begitu ada 2 efek positif yang di dapat, pertama si anak bisa mengenal kebudayaan  Indonesia melalui mainan tradisionalnya. Dan yang kedua, keakraban antara anak dan orang tua makin erat, secara orang tua sekarang jarang main bareng anak nya dikarenakan kesibukan masing-masing. Orang tua pun akan semakin mengenal pribadi sang anak dari cara mereka bermain, dan tuntunlah mereka untuk bermain adil, tidak curang, dan jangan egois.

Jadi tetep yaa dilestarikan, karena ini juga merupakan salah satu kebudayaan Indonesia, jangan bisanya ngamuk-ngamuk aja ketika kebudayaan kita di aku-akuin negara tetangga hehehe.

Okelah cukup sekian dari aku minggu ini, sampai ketemu di tulisan ku yang berikutnya ya readers..

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar