[Tugas] Sistem Informasi Geografis

Buatlah tulisan (4 tulisan) dengan topik yang dapat menjawab pertanyaan berikut. Selanjutnya silakan posting di blog masing-masing!
  1. Apa yang anda pahami tentang Sistem Informasi (definisi dan cakupannya)?
  2. Pemrograman apa saja yang telah Anda pelajari dan sejauh mana Anda menguasainya? Misalnya: VB, Borlan Delphi, PHP, Java, C++, dsb. Pemrograman apa yang akan anda kuasai lebih mendalam?
  3. Sistem informasi apa saja yang pernah Anda buat (baik aplikasi berbasis Web, dekstop, mobile, dsb)?
  4. SIG (Sistem Informasi Geografis), apa yang Anda harapkan dari mempelajari Mata Kuliah ini?
Jawaban: 

1. Definisi Sistem Informasi:  
    Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.  Atau sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data. 

Cakupan Sistem Informasi:

  • Sistem Informasi Pemasaran
  • Sistem informasi Manufaktur
  • Sistem informasi Keuangan
  • Sistem informasi Akuntansi
  • Sistem informasi Sumber Daya Manusia
2.  Untuk bahasa pemograman apa saja yang telah saya pelajari selama saya berkuliah ini, ada bermacam-macam seperti Basic, Pascal, Visual Basic. Cobol, C++, Java, dll. Namun sejujurnya saya tidak mendalami berbagai bahasa pemograman itu. Hanya Java yang kurang lebih agak saya pahami, karena saya menggunakan bahasa tersebut dalam proses pembuatan program pada Penulisan Ilmiah saya semester lalu. 

3.  Aplikasi Sistem Informasi yang telah saya buat yaitu Aplikasi Perhitungan Bangun Datar, Bangun  Ruang, dan Konversi Beserta Latihan Soal Pada Android versi 2.2. Aplikasi ini berbasis mobile khusus untuk sistem operasi Android. 

4.  Sistem Informasi Geografis (bahasa Inggris: Geographic Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini.


Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

yang saya harapkan dari mempelajari Sistem Informasi geografis adalah agar saya dapat lebih memahaminya sehingga bisa segera mengaplikasikannya ke dalam bentuk nyata (membuat aplikasi) sehingga dapat dimanfaatkan oleh orang banyak.





 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar