Cara Mendapatkan Informasi Tentang Lokasi Geografis

Pada kali ini saya akan mencoba membuat sedikit tutorial bagaimana mendapatkan informasi tentang letak lokasi geografis (dalam hal ini Lintang dan Bujur-nya) dari letak SMA saya sebagai contohnya. SMA saya adalah SMA Negeri 55 Jakarta Selatan.

Tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs https://maps.google.com/ 

2. Masukkan alamat yang ingin kita cari koordinat Lintang dan Bujurnya, disini sebagai contoh saya masukkan alamat SMA saya, yaitu SMA Negeri 55 yang beralamat JL Minyak Raya, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Indonesia. namun untuk kali ini, saya hanya ingin menuliskan "SMA Negeri 55, Jakarta, Indonesia" sebagai keywordnya.

3. Setelah menuliskan keyword tersebut, maka disamping kiri akan muncul beberapa opsi alamat yang kita cari, saya pilih yang A. seperti pada gambar dibawah ini.

"

4. Kita telah menentukan bawah titik A adalah lokasi yang kita cari. maka klik kanan pada titik A, pilih "Ada apa disini?" atau jika dalam settingan b.inggris "what's here?".


5. Langkah terakhir, setelah tahap diatas, maka akan muncul titik koordinatnya. untuk ini keluarlah :
    -6.253787,106.83843
    Lintang : -6.253787
    Bujur : 106.83843


6. Saya sebelumnya sudah mencoba memasukkan beberapa keyword, mulai dari nama sekolahnya saja, nama dan alamat sekolah, sampai hanya alamat sekolahnya saja. untuk lebih akuratnya menurut saya untuk contoh ini saya menggunakan nama sekolahnya saja, dikarenakan alamat yang ada untuk sekolah ini kurang detail. sementara untuk keyword nama sekolahnya saja langsung ditemukan, walapun setelah itu terdapat dua opsi alamat, A dan B. saya memilih A karena disitu terdapat referensi dari website sekolah saya. Setelah saya bandingkan apakan beberapa keyword tersebut memiliki koordinat yang sama, ternyata berbeda satu sama lain, yaa tapi tidak terlalu signifikan perbedaanya. 
Jadi kesimpulannya, pilih lah keyword yang mendekati dengan alamat yang kita cari.

Selamat mencoba :)


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Posting Komentar